Clock

Kamis, 25 September 2014

Kehidupan Kucing Dari Masa Ke Masa


Kalau kita perhatikan di sekitar, begitu banyak orang yang sengaja memelihara dan menjaga kucing, Sobat Orbit! Meski biayanya tidaklah sedikit. Kamu tahu tidak, sejarah kucing dalam kehidupan manusia?
Awalnya manusia sangat menghormati, memuja dan menyayangi kucing, sampai-sampai mendirikan monumen hingga ada dalam berbagai ritual.
Sejak 8000 Sebelum Masehi, para arkeolog menemukan tulang belulang kucing yang dikubur bersama dengan pemiliknya di Pulau Siprus (Cyprus). Pulau Siprus terdapat di Laut Tengah berbatasan dengan Mesir, Yunani, dan Israel. Hal ini menunjukan betapa sayangnya manusia dengan kucing.
Tetapi di lain zaman dan waktu, manusia banyak menghabisi dan menyiksa kucing karena dianggap berhubungan dengan setan, penyihir dan dunia kegelapan.
Kemudian dunia menjadi korban wabah penyakit yang ditularkan oleh tikus. Pada 3500 SM, para ahli sepakat bahwa kucing liar Afrika telah dijinakkan di Mesir. Kucing terbukti berguna untuk petani Mesir dengan melawan ancaman yang ditimbulkan tikus, yang menyerang ladang mereka dan menghabiskan persediaan gabah.
Pada saat itu, kucing disayangi karena keindahan bentuk, kasih sayang serta rasa persahabatan yang kucing berikan pada manusia. Kucing disambut dengan tangan terbuka ke setiap rumah, dicintai dan dimanjakan. Manusia pun kembali menyediakan tempat bagi kucing dalam kehidupan dan kebudayaan kita.
Figur peninggalan paling awal dari Bastet pada 3000 SM ialah dewi Mesir. Dewi Mesir biasanya digambarkan sebagai seorang perempuan dengan tubuh manusia berkepala kucing.
Ketika itu orang Mesir mendewakan kucing, kemampuan kucing yang melihat dalam gelap mempesona masyarakat Mesir yang mendewakan Matahari dan menakuti kegelapan. Orang Mesir percaya bahwa kucing dapat melindungi mereka dari jahatnya malam atau kegelapan.
Manusia pun mempercayai kekuatan dan keistimewaan kucing dalam meramal dan menyembuhkan penyakit, dengan mulai menafsirkan gerakan tubuh mereka untuk meramalkan cuaca serta keberuntungan baik dan buruk.
Selain itu, kucing telah membantu manusia dalam masa perang, dan mereka telah membantu pelaut baik di kapal dan daratan. Kucing telah melakukan apa yang tidak dilakukan hewan lain, Sobat Orbit.

Sejarah membuktikan bila kita berbuat tidak baik terhadap kucing, wabah penyakit pernah terjadi sebagai akibatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar